Thursday, February 7, 2013

Dosen

Sewaktu saya mahasiswa tingkat awal, saya agak bingung dengan dosen-dosen saya. Pola yang mereka gunakan sangat berbeda dengan guru-guru saya waktu SMA dulu. Hal ini sudah saya prediksi sebelumnya, namun tetap saja saya mengalami kesulitan dalam mas transisi. Setelah saya amati, ternyata mahasiswa dididik untuk menjadi autonomous learner, atau pembelajar mandiri. Tidak seperti guru yang ada di kantor dari pagi sampai siang, dosen-dosen saya waktu itu agak sulit ditemui. Mereka sibuk dengan aktifitas lain. Yang sering saya dengar pada waktu itu adalah penelitian, pengabdian masyarakat, atau tugas tambahan (termasuk mengajar di tempat lain). Waktu itu saya menyimpulkan fokus profesi dosen bukanlah semata-mata peserta didik (mahasiswa) tapi juga entitas ilmu pengetahuan dan aplikasinya. Setelah saya menjadi dosen, saya menjadi tahu, selain dari praktik juga dari produk hukum. Perhatikan nukilan dari UU guru dan dosen berikut:

1. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

2. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain mengajar, ada banyak kewajiban dosen yang lain: mulai dari membimbing, perwalian, pengabdian masyarakat, penelitian, dan tugas tambahan yang lain, yang sulit dihindari (ketua jurusan, ketua pusat layanan, dll). Belum lagi, dosen sastra inggris biasanya memiliki beban mengajar yang luar biasa banyak. Selesai dari satu jurusan, pindah ke jurusan lain. Kadang tempatnya juga berbeda. Misal pagi hari mengajar di sastra inggris, setelah selesai harus turun mengajar di kedokteran, dan sore kembali lagi mengajar di sastra inggris, tambah lagi mengajar program R2 (ekstensi) di malam hari. Ini hanya sekedar informasi. Dosen bukanlah pekerja kantor yang standby 24 jam, dosen juga bukan guru, yang mengajar dari pagi sampai sore.